Online Submissions

Registration and login are required to submit items online and to check the status of current submissions.

Already have a Username/Password for Jurnal Riset Kimia?

Go to Login Start New Submission

Need a Username/Password?

Go to Registration
 

Author Guidelines

Pengiriman Naskah

-   Naskah dapat ditulis dalam Bahasa Indonesia atau Bahasa Inggris

-   Jenis naskah yang diterima adalah hasil penelitian, komunikasi singkat dan review (berdasarkan permintaan dewan redaksi)

-   Naskah yang dikirim hendaklah naskah yang belum pernah diterbitkan atau tidak sedang dalam proses penerbitan oleh jurnal lain. Naskah bukan suatu hasil plagiarisme atau duplikasi karya ilmiah lain (self-plagiarism). Penulis akan diminta membuat surat pernyataan pada saat naskah akan diterbitkan.

- Naskah ditulis mengikuti format penulisan Jurnal Riset Kimia. Gunakan templat penulisan Jurnal Riset Kimia yang telah disediakan

-   Panjang naskah diharapkan antara 2000 -3000 kata, diolah dengan pengolah kata MS Word

-   Format penulisan naskah adalah jarak tulisan jarak 1,5 spasi, jenis huruf Times New Roman, ukuran huruf 11 point, 1 kolom, margin mengikuti format templat Jurnal Riset Kimia.

-   Naskah hendaknya dikirimkan ke Dewan Redaksi Jurnal Riset Kimia melalui online Submission.

-   Sertakan gambar dalam file terpisah (format jpeg, tiff, png atau bmp)

-   Sertakan tabel atau grafik dari spreadsheets program misal MS Excel dalam file yang terpisah dan masih dalam format yang bisa di-edit (keep source formatting).

-   Semua file yang terpisah dari naskah dapat di-upload pada bagian Supplementary data

2. Format Penulisan Naskah

Naskah terdiri atas Judul, Nama penulis dan afiliasi, Abstract (Bahasa Inggris), Keywords. Artikel Jurnal Riset Kimia menggunakan beberapa sub-heading seperti  Pendahuluan, Bahan dan Metoda, Hasil dan Diskusi, Kesimpulan, Ucapan Terima Kasih dan Daftar Pustaka. Hindari penggunaan sub-heading bertingkat yang terlalu banyak.

-       JUDUL. Judul harus mencerminkan aspek penting dari artikel, ditulis dalam format UPPER CASE.

-       Nama Penulis. Nama-nama penulis ditulis tanpa gelar, disertai nama lembaga masing-masing (jiak berbeda tuliskan terpisah). Berikan tanda * untuk penulis yang menjadi korespondensi dan sertakan alamat e-mail penulis koresponden.

-       Abstract. Abstract merupakan ringkasan singkat dari naskah, terdiri atas satu paragraf dan maksimal 200 kata yang ditulis dalam bahasa Inggris. Di bawah abstract dicantumkan keywords terdiri atas dua sampai lima kata. Keyword merupakan kata yang dapat mencirikan isi naskah dan memudahkan untuk keperluan klasifikasi.

-       Gambar. Setiap gambar harus memiliki nomor urut menggunakan angka (1,2,3..) dan dilengkapi dengan keterangan (caption) yang ditulis pada posisi di bawah gambar. Contoh dapat dilihat pada templat naskah Jurnal Riset Kimia.

-       Tabel. Setiap tabel harus memiliki nomor urut menggunakan angka (1,2,3,...) dan dilengkapi dengan keterangan (caption) yang ditulis di atas tabel. Penjelasan tabel dapat ditulis footnotes di bawah tabel. Contoh dapat dilihat pada templat naskah Jurnal Riset Kimia.

-       Pustaka. Daftar pustaka diletakkan pada akhir naskah dan diberikan nomor menggunakan angka berdasarkan urutan kemunculannya di naskah.  Daftar kepustakaan dalam naskah dirujuk menggunakan nomor sebagai superscript dengan kurung siku. Sangat dianjurkan untuk menggunakan reference software. Jurnal Riset Kimia menyediakan output style untuk pengguna Mendeley.

 

Contoh Penulisan Daftar Pustaka

1.       Artikel yang memiliki versi jurnal cetak:

         Nama Penulis, Judul artikel, Singkatan Nama Jurnal, volume (edisi) , halaman, (tahun).

Contoh:   Ferrari, M., Fornasiero, M. C., & Isetta, A. M. MTT colorimetric assay for testing macrophage cytotoxic activity in vitro. J. Immunol. Methods., 131(2): 165-172 (1990).

 

2.       Artikel dengan versi online saja

         Nama Penulis, Judul artikel, Singkatan Nama Jurnal, volume, nomor artikel online (tahun).

Contoh:   Syafrizayanti., Lueong, S. S., Di, C., Schaefer, J. V., Plückthun, A. & Hoheisel, J. D., Personalised proteome analysis by means of protein microarrays made from individual patient samples. Sci. Rep., 7: 39756 (2017).

 

3.       Artikel atau chapter yang berasal buku

         Nama Penulis, Judul artikel. Judul Buku, (Ed: Nama Editor jika ada), Nama Penerbit, volume: nomor halaman (tahun).

         Contoh:   Bhati I, Tak P, Sharma H, Ameta R., Photocatalysis: an emerging technology. Green Chemistry: Fundamentals and Applications, (Ed: Sharma H. & Ameta R.), Apple Academic Press, 199- 205 (2013).

 

4.       Buku

         Nama Penulis, Nama Buku,  Edisi: Nama Penerbit, (tahun).

         Contoh:    Pevsner, J., Bioinformatics and Functional Genomics. John Wiley & Sons (2015).

        

5.       Artikel ilmiah dari website: Nama penulis, Judul artikel, URL website, tanggal akses

                   Contoh:   Ben Best, General Antioxidant Actions, http://www. benbest.com, 13/6/2006

 

Penulisan rujukan dan Daftar Pustaka sangat dianjurkan untuk menggunakan reference software (eg. Mendeley, EndNote, BibTex dll).

Pengguna Mendeley dapat menggunakan link Jurnal Riset Kimia style berikut :

http://csl.mendeley.com/styles/485963021/Jurnal-Riset-Kimia

Copy-kan link style Jurnal Riset Kimia untuk Mendeley pada View>Citation Style>Get more Style


Download Template Naskah

 

Submission Preparation Checklist

As part of the submission process, authors are required to check off their submission's compliance with all of the following items, and submissions may be returned to authors that do not adhere to these guidelines.

  1. Naskah yang dikirimkan ke redaksi Jurnal Riset Kimia belum pernah dipublikasikan sebelumnya atau tidak sedang dalam proses review di jurnal lain, dalam masa 6 bulan setelah proses submission.

  2. Naskah bukan hasil plagiarisme dan self-plagiarisme/duplikasi dari artikel, skripsi, tesis dan disertasi.

  3. Naskah ditulis menggunakan word processor (seperti OpenOffice, Microsoft Word, RTF, atau WordPerfect) dan sesuai dengan format penulisan yang ada di Author Guidelines. (Download Template Naskah Jurnal Riset Kimia)

  4. Gambar dan tabel sudah disimpan dalam file yang terpisah dari naskah utama dan dikirimkan melalui bagian supplementary data.

     

 

Copyright Notice

Semua materi yang sudah dipublikasi menjadi milik dan merupakan Hak Cipta dari Jurnal Riset Kimia. Untuk izin penggunaan dapat mengubungi redaksi Jurnal Riset Kimia di jurnal.risetkimia@gmail.com

 

Privacy Statement

Nama dan alamat email yang tertera pada jurnal ini akan hanya digunakan untuk kepentingan publikasi saja.

 

Author Fees

This journal charges the following author fees.

Article Publication: 200000.00 (IDR)

Jurnal Riset Kimia is an open access journal. To publish in Jurnal Riset Kimia, authors are required to pay an article processing charge (APC).

The following APC (plus VAT or local taxes where applicable) will be applied to papers accepted for publication:

If you do not have funds to pay such fees, you will have an opportunity to waive each fee. We do not want fees to prevent the publication of worthy work.